Skip navigation

A Masterpiece: Dee should be Indonesia's Shakesphere

Kalau ada penulis yang paling menginspirasi saya, orang tersebut adalah Dee. Bukan hanya tulisannya bagus dan sangat menyenangkan dibaca, Dee mampu membius saya. Membatalkan semua rencana dan janji saya yang telah dibuat untuk satu hari. Hanya untuk membaca karyanya. Berpetualang bersama pikirannya. Tidak ada satupun buku atau tulisannya yang tidak saya selesaikan dalam satu hari. Tulisan-tulisan Dee punya magic tersendiri. Membaca tulisannya membuat saya merasa terhubung dengannya. Kenal dengannya. Bersahabat dengannya. Aneh. Lucu. Hangat.

Saya pertama kali membaca karya Dee melalui bukunya, “Supernova: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh”. Setelah membaca buku tersebut, saya tidak dapat berhenti. Saya mencari dan kemudian membaca dan membaca karya-karya lainnya dari Dee. Ada sensasi aneh dalam membaca karyanya. Thought provoking. Fun. Dan yang paling menarik, saya benar-benar terlibat dalam petualangannya. Saya ingat Ferre. Perjalanannya. Hidupnya. Sepinya. Pencerahannya. Saya ingat Bodhi. Kebebasannya. Cintanya. Kesedihannya. Bintangnya. Saya ingat Elektra. Keanehannya. Keluguannya.

Tokoh-tokoh dalam kisah Dee selalu unik. Rico de corro. Kugy. Semuanya selalu menarik saya ke dalam perjalanan, sebuah perjalanan yang merubah saya. Memabukkan, seperti ekstasi. Tulisan Dee membawa perubahan, dan penyegaran. It never failed to make me think – and rethink. Awalnya, saya ingin menuliskan review untuk mandre. Tetapi benar-benar tidak ada kata-kata yang dapat saya gunakan untuk mendeskripsikannya. Terdapat tulisan-tulisan yang sudah pernah saya baca entah di mana seperti “Semangkok Acar untuk Cinta dan Tuhan” dan “Menunggu Layang-Layang“. Membaca tulisan ini memberikan sensasi indah: pulang ke rumah. Pulang ke rumah setelah perjalanan panjang. Setelah petualangan yang melelahkan.

Rasa yang belum dapat saya ilustrasikan dengan baik. Rasa yang selalu muncul ketika membaca karya-karyanya. Tulisan Dee tidak pernah kehilangan sihir misterius tersebut. Tidak ada yang dapat saya katakan selain baca dan mabuklah!

Leave a Reply

